MPKD UGM. Magister Perencanaan Kota & Daerah kembali membuka Jadwal Kegiatan UM Pascasarjana MPKD UGM untuk semester ini kembali membuka kesempatan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan program S2 di MPKD dapat mendaftarkan diri melalui http://um.ugm.ac.id yang nanti anda akan diberikan beberapa pilihan untuk pada program studi yang anda inginkan. Jika anda ingin masuk program studi Magister Perencanaan Kota & Daerah (MPKD) maka silahkan pilih untuk program studi MPKD. Jika anda kurang jelas tentang pendafatran secara onlione ini anda bisa menghubungi kami melalui website ini atau dengan email yang tertera pada website ini juga atau kontak langsung dengan Ibu Putri Yuminanti atau dengan Ibu Indah atau Bapak Eka Handaka dengan sambungan telepon : (0274) 580095 atau dengan fax :(0274) 580852.
Jadwal Kegiatan UM Pascasarjana MPKD UGM pada Semester ini Pascasarjana UGM membuka kesempatan untuk masuk ke jenjang pendidikan S2. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana 2014 melalui 3 (tiga) jalur, yaitu:
-
Jalur Reguler
Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri, calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia. Pelamar BPPDN termasuk dalam kategori ini. -
Jalur Kerjasama
Diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku. -
Jalur Internasional
Diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA).
Syarat Pendaftar Program S2
- Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
- ≥ 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
- ≥ 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
- ≥ 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi.
- Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi, program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:
- Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
- Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).
- Khusus pendaftar lulusan program profesi (dokter, dokter gigi, apoteker, dan dokter hewan), IPK yang dimaksud pada poin (1) adalah IP kumulatif jenjang sarjana dan profesi;
- Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus menyerahkan dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI;
- Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM minimal 450, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
- Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku , yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat, dibuktikan dengan sertifikat:
- Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
- International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
- Internet-Based (IBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
- Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
Apabila lolos seleksi dan dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana, pada saat registrasi wajib :
- menyerahkan fotocopy sertifikat nilai tes kemampuan Bahasa Inggris (AcEPT/IELTS/IBT TOEFL/ITP TOEFL) minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL), atau;
- bagi pendaftar yang belum mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL), wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi nilai tes kemampuan Bahasa Inggris minimal 450 (setara nilai ITP-TOEFL) sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.
- menyerahkan fotocopy sertifikat nilai Tes Potensi Akademik (TPA BAPPENAS/PAPs) minimal 500, atau;
- bagi pendaftar yang belum mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA BAPPENAS/PAPs) minimal 500, wajib menandatangani dan melampirkan surat pernyataan yang disediakan. Surat pernyataan ini memuat kewajiban untuk memenuhi Tes Potensi Akademik (TPA BAPPENAS/PAPs) minimal 500 sebelum pelaksanaan seminar proposal/ujian komprehensif/ujian proposal.
- Pendaftar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi.
Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana
- Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus terkait skor TPA/PAPs dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini.
- Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini. Khusus pelamar BPPDN, harus mendaftar terlebih dahulu secara onlinedi beasiswa.dikti.go.id/bppdn/ sebelum mendaftar di UGM.
- Siapkan scan dokumen di bawah ini (dalam format .jpeg, ukuran maksimal 200kb) untuk diunggah pada saat mendaftar secara online dan dikirim:
No | Dokumen | Upload | Kirim |
---|---|---|---|
1 | Bukti Pendaftaran Online yang telah ditempeli foto | – | √ |
2 | Pas foto resmi terbaru | √ | – |
3 | Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal | √ | √ |
4 | Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal | √ | √ |
5 | Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir | √ | √ |
6 | Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) dengan nilai minimal 450 | √ | √ |
7 | Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*), dilegalisasi oleh institusi penerbit sertifikat. Sertifikat yang diakui adalah:
|
√ | √ |
8 | Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini) Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI |
√ | √ |
9 | Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit Khusus spesialis FK diganti dengan SKCK |
√ | √ |
10 | Syarat khusus:
|
– | √ |
11 | Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini) | – | √ |
- Seluruh dokumen persyaratan difotokopi, dilegalisir, dan dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap serta dikirim ke program studi tujuan. Batas waktu pengiriman berkas adalah Kamis, 26 Juni 2014 (cap pos).
*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat
Jadwal Kegiatan UM Pascasarjana UGM
Pelamar Umum dan Kerjasama Semester Gasal TA 2014/2015
Kegiatan | Waktu | |
---|---|---|
Pembukaan | Penutupan | |
Pembayaran biaya pendaftaran | 3 April 2014 (pukul 00.00 WIB) | 24 Juni 2014 (pukul 23.59 WIB) |
Pendaftaran online | 3 April 2014 (pukul 00.00 WIB) | 25 Juni 2014 (pukul 23.59 WIB) |
Penerimaan dokumen pendaftaran | 3 April – 26 Juni 2014 (pada hari dan jam kerja) | |
Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi | 27 Juni – 8 Juli 2014 (pada hari dan jam kerja) | |
Pengumuman hasil seleksi | 23 Juli 2014 | |
Mulai kegiatan akademik | September 2014 |
Pelamar BPPDN Semester Gasal TA 2014/2015
Kegiatan | Waktu | |
---|---|---|
Pembukaan | Penutupan | |
Pembayaran biaya pendaftaran | 29 April 2014 (pukul 00.00 WIB) | 29 Mei 2014 (pukul 23.59 WIB) |
Pendaftaran online | 29 April 2014 (pukul 00.00 WIB) | 30 Mei 2014 (pukul 23.59 WIB) |
Penerimaan dokumen pendaftaran | 29 April – 2 Juni 2014 (pada hari dan jam kerja) | |
Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi | 29 April – 10 Juni 2014 (pada hari dan jam kerja) | |
Pengumuman hasil seleksi | akan diumumkan kemudian | |
Mulai kegiatan akademik | September 2014 |
Demikian beberapa syarat dan ketentuan untuk masuk program studi Magister Perencanaan Kota & Daerah. Pembaca web MPKD UGM silahkan untuk berbagi tulisan dan tanggapan yang bersifat positif dan membangun. Untuk komentar silahkan anda masukan di bawah tulisan atau anda bisa menyebarkan tulisan ini dengan mengklik ikon bagikan ini dan beri penilaian dengan like this. Anda juga bisa masuk di page mpkd dengan alamat sebagai berikut : Page MPKD UGM. Serta kunjungi juga groupnya MPKD di Magister Perencanaan Kota & Daerah di facebook.
Permisi, saya ingin bertanya. Untuk biaya pendidikan program pascasarjana MPKD UGM 2014 dapat dilihat dimana ya? Terima kasih.
Sementara belum bisa kami posting karena masih pembahasan di tingkat Fakultas. Namun sedikit bocoran bahwa biaya pendidikan di MPKD tahun 2014/2015 Rp. 9.500.000.00/semester. Untuk biaya pendaftaran Rp.750.000.- )Namun ini belum fix karena belum ada SK atau keputusan untuk tahun 2014).
ass.. maaf mau tanya, penerimaan mahasiswa baru untuk semester genap di MPKD ada tidak ya? kira2 bulan apa dibukanya? makasih
Muali bukan November – Desember 2014 juga silahkan selalu cek website Direkrorat akademik dan administrasi http://akademik.ugm.ac.id
Ass, maaf mau nanya….Apakah program ini berlaku untuk s1 semua jurusan?
ya