• Perpustakaan
  •  Palawa
  • Portal Akademik
  • Portal UGM
  • Prolat MPWK
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Magister Perencanaan Wilayah dan Kota
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang
    • Visi dan Misi
    • Akreditasi
      • Nasional
      • Internasional
    • Jaringan & Kerjasama
      • Mitra Kerja Sama
    • Kalender Akademik
    • Hubungi Kami
  • Komunitas
    • Staf Pengajar
    • Staf Kependidikan
    • Organisasi Mahasiswa
    • Alumni
      • Komunitas Alumni
      • Pelacakan Studi
      • Layanan Alumni
  • Program
    • Master by Course
      • Silabus & Kurikulum
      • Strategi Pembelajaran
    • Master by Research
      • Kurikulum
      • Strategi Pembelajaran
    • Double Degree Program
      • Double Degree University of Groningen
      • Kobe University
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
    • Program Pelatihan
  • Mahasiswa
    • Yudisium dan Wisuda
    • Prestasi
    • Beasiswa
    • Layanan
      • Fasilitas
      • Layanan IT UGM
      • SIMASTER UGM
      • Perpustakaan UGM
      • FT UGM Cloud Printing
      • Unggah Mandiri
      • Wisuda UGM
  • Penelitian
    • Agenda Riset
    • PUBLIKASI
    • JURNAL
  • Link
    • UNDUHAN
    • Prolat MPWK UGM
    • DPP UGM
    • OIA UGM
    • Perpustakaan UGM
    • Perpustakaan FT UGM
    • S1 PWK
    • Fakultas Teknik
    • OIA Fakultas Teknik
    • DTAP UGM
    • S2 Arsitektur
    • S3 Arsitektur
    • PSPPR UGM
  • Beranda
  • Efektivitas Kebijakan Transportasi Dalam Mengatasi Permasalahan Kemacetan

Efektivitas Kebijakan Transportasi Dalam Mengatasi Permasalahan Kemacetan

  • 7 Mei 2014, 08.50
  • Oleh:
  • 0

MPKD UGM. Kemacetan sudah menjadi momok yang harus dihadapi hampir oleh seluruh kota-kota besar di dunia. Tolley dan Turton (1995), mendefinisikan kemacetan kendaraan sebagai kondisi penundaan suatu kendaraan untuk mendapatkan servis prasarana jalan yang disebabkan oleh kendaraan lainnya. 

Efektivitas KebijakanTransportasi Dalam Mengatasi Permasalahan Kemacetan Di Jalan Protokol Kota Makassar (Effectiveness Of TransportationPolicy In Overcoming Congestion Problems In The Urban MainRoads Of Makassar City). Tesis ini disusun oleh : Andi Muhammad Ahsan Mukhlis NIM : 11/343099/PTK/08752  dengan lulus nilai IPK : 4.00 predikat Cumlaude. Wisuda periode III Tahun Ajaran 2013/2014 pada hari : Kamis – 24 April 2014 yang diikuti oleh sebanyak 28 mahasiswa dari masing-masing konsentrasi atau kelas. Sebagai Pembimbing Utama : Muhammad Sani Roychansyah ST., M.Eng., D.Eng. Pembimbing Pendamping : Ir. Dewanti, M.S.

Kemacetan juga dipengaruhi oleh guna lahan perkotaan itu sendiri. Webster (1958) menjelaskan bahwa tata guna lahan berfungsi dalam membentuk pola dari zona bangkitan, zona tujuan, dan volume lalu lintas. Fenomena tata guna lahan di sebuah kota adalah setiap guna lahan terkonsentrasi pada satu titik. Hal ini  mengakibatkan volume lalu lintas dari zona bangkitan pada pagi hari sangat besar  karena titik bangkitannya menjadi satu. Sehingga yang terjadi adalah terdapat beberapa ruas jalan yang mengalami over capacity.

Kemacetan sudah menjadi momok yang harus dihadapi hampir oleh seluruh kota-kota besar di dunia, terutama untuk kota-kota besar di negara berkembang. Dengan status sebagai kota besar, Kota Makassar juga mengalami hal yang sama yaitu kemacetan. Jalan A.P. Pettarani, Jalan Urip Sumoharjo, serta Jalan Perintis Kemerdekaan adalah beberapa jalan protokol kota ini yang dilanda
masalah kemacetan. Pemerintah kota melalui beberapa kebijakan yang dikeluarkannya berusaha agar masalah ini dapat teratasi dengan baik. Kebijakan pelebaran jalan, pengaturan wilayah operasional kendaraan becak motor, serta pelarangan parkir pada bahu jalan merupakan sebagian kebijakan yang digunakan untuk mengatasi kemacetan di Kota Makassar tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kebijakan tersebut dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan impelementasinya. Penelitian ini menggunakan metode deduktif kualitatif dengan unit amatan berupa kondisi dan suasana jalan protokol, sedangkan unit analisisnya berupa kebijakan-kebijakan yang berpengaruh di di jalan tersebut. Data-data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa survey, wawancara, dan analisis dokumen. Variabelvariabel yang digunakan untuk menilai keberhasilan implementasi dirangkum dari berbagai teori yang ada. Begitupun dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan tetap disimpulkan melalui proses deduksi.

Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan-kebijakan tersebut mempunyai keberhasilan implementasi yang berbeda-beda. Perbedaan keberhasilan implementasi suatu kebijakan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah kurangnya koordinasi antar lembaga, jumlah staf atau personel yang belum memadai, minimnya pendanaan dan peralatan, rendahnya kesadaran masyarakat, dan yang terakhir adalah kemudahan akses kepemilikan kendaraan pribadi. Secara umum, kebijakan pengatasan kemacetan yang ada belum bisa dikatakan efektif. Hal ini dikarenakan kebijakan yang ada hanya dapat menyelasaikan masalah dalam waktu singkat dan sementara saja. Terdapat dua faktor yang dapat menyebabkan kebijakan yang ada itu menjadi tidak efektif. Kedua faktor tersebut adalah konsistensi penerapan kebijakan yang rendah serta Sinkronisasi dan countinuitas yang rendah dari kebijakan yang ada.

Pembaca web MPKD UGM silahkan untuk berbagi tulisan dan tanggapan yang bersifat positif dan membangun. Untuk komentar silahkan anda masukan di bawah tulisan atau anda bisa menyebarkan tulisan ini dengan mengklik ikon bagikan ini dan beri penilaian dengan like this. Anda juga bisa masuk di page mpkd dengan alamat sebagai berikut : Page MPKD UGM. Serta kunjungi juga groupnya MPKD di Magister Perencanaan Kota & Daerah di facebook. Pembaca yang budiman selain melalui google drive, naskah publikasi ini bisa juga di akses melalui  website :  http://etd.ugm.ac.id.

(Admin/Poer)

Tags: faktor-faktor pengaruh implementasi kebijakan transportasi kemacetan

Recent Posts

  • MPWK UGM Lakukan Wawancara Calon Mahasiswa Pascasarjana Timor Leste
  • Mahasiswa MPWK UGM Lakukan Survei Lapangan di Jawa Barat
  • Understanding Complexity of the Development in Various Context
  • Mengulas Perencanaan di Indonesia dalam Konteks Perencanaan Negara Berkembang
  • Mahasiswa MPWK UGM Terpilih Menjadi Partisipan Program YPP ISOCARP 2024
Universitas Gadjah Mada

Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan

Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM, Yogyakarta 55281

   mpwk@ugm.ac.id
   +62 (274) 580095; 580101
   +62 (274) 580052

PRANALA IT

  • Fasilitas Anda
  • Panduan IT UGM
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Pranala Akademik

  • SIMASTER
  • UNGGAH TESIS
  • WISUDA
  • PERPUSTAKAAN
  • CEK TURNITIN

© 2019 Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju